Rabu, 05 November 2008

Pengenalan Komputer 1


Computer berasal dari kata to compute yang artinya menghitung.
Maka Computer jika diterjemahkan secara bebas adalah alat yang dapat menghitung. Mengenai alat hitung sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Orang-orang primitif zaman dahulu menggunakan jari-jari tangannya dan jari-jari kakinya untuk menghitung jumlah ternak mereka. Kemudian saat jumlah ternak meningkat, mereka menggunakan batu kerikil untuk menghitung. Alat perhitungan yang dikenal sejak lama disebut Abacus. Di daratan Cina alat ini digunakan sejak 5000 SM. Seiring dengan berkembangnya akal manusia, maka diciptakan mesin hitung mekanik pertama pada tahun 1642 oleh seorang ahli fisika Perancis bernama Blaise Pascal. Mesin ini hanya dapat mengerjakan perhitungan penjumlahan dan pengurangan saja. Lalu pada tahun 1692 mesin ini disempurnakan oleh G. Wilhelm Von Liebnitz , seorang Jerman yang menambahkan fungsi perkalian dan pembagian.Seiring dengan perkembangan tersebut, beberapa fihak kemudian memberikan definisi lain tentang komputer. Robert H. Bissmer misalnya mendifinisikan komputer sebagai suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input tersebut, lalu menyediakan dan menyimpan hasil pengolahan (output) Menurut Donald H. Sanders, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima input dan memprosesnya sesuai dengan program yang ada (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Sementara menurut ANSI atau American National Standrad Institute,komputer adalah uatu pengolah data yang dapat melakukan perhitungan atau operasi logika dengan cepat dalam skala besar. Komputer pertama yang dipakai untuk menghitung Sensus Penduduk AS pada tahun 1880 adalah komputer buatan Dr. Herman Hollerith. Komputer ciptaannya ini menggunakan sistem kartu berlubang (Punch Card) sehingga perhitungan sensus bisa diselesaikan dalam 3 tahun (dibandingkan sebelumnya yang diselesaikan dalam 10 tahun bila dengan cara manual). Untuk penjelasan lebih komprehensif, baca artikel yang menjadi bagian dari buku ini atau buku-buku yang membahas sejarah komputer.
Banyak para ahli mengemukakan definisi mengenai komputer. Namun paling tidak, dalam unsur suatu komputer tersebut terdapat kesepakatan pengertian bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat bekerja secara otomatis, menggunakan program-rogram aplikasinya untuk mengolah data, baik data berupa angka, huruf atau gambar, sehingga berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Namun bagaimanakah sebuah komputer yang didalamnya berisi rangkaian chip elektronik itu dapat memproses data berupa angka, huruf atau gambar ? Jawabannya adalah arus listrik. Arus listrik ini mengalir melalui chip yang membentuk suatu kode yang dapat mewakili apapun - angka, huruf atau gambar - yang diciptakan oleh transistor-transistor yang terdapat dalam chip tersebut.
Transistortransistor ini bekerja memutuskan ("off") atau mengalirkan ("on") jutaan denyut listrik yang mengalir.Kode biner ini secara gampangnya dapat dinyatakan dengan : digit 1 untuk on dan 0 untuk off.
Maka proses bekerjanya suatu komputer secara sederhana dapat digambarkan seperti berikut :
INPUT ----> PROCESS ----> OUTPUT
dimana input adalah serangkaian tindakan dalam memasukkan data(dapat menggunakan media keyboard,mouse atau memanggil data yang terdapat atau tersimpan pada suatu media penyimpanan seperti disket dan/atau hard disk) yang kemudian diproses dalam
suatu CPU (Central Processing Unit),dan hasilnya (output) ditampilkan dalam layar monitor atau hasil cetakan melalui printer dan PC Speaker untuk suara.

Tidak ada komentar: