Jumat, 07 November 2008

Komponen Komputer Modern


Monitor
Adalah alat yang digunakan untuk melihat hasil perintah yang diberikan kepada komputer. Bentuknya menyerupai televisi karena memang menggunakan tabung tabung katoda atau CRT Cathode Ray Tube). Kini pun sedang dikembangkan monitor type baru dengan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Device) sehingga bentuk layar monitor menjadi ramping. Penggunaan LCD juga dinilai mengurangi kelahan mata akibat pantulan cahaya yang biasa dikeluarkan oleh monitor yang menggunakan CRT. Monitor tabung CRT Berdasarkan kemampuannya menampilkan warna, dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

1.Monitor Monochrome
(menampilkan warna hijau dan putih/hitam)

2.Monitor Color (menampilkan banyak warna kombinasi dari
warna biru, hijau dan merah atau Red Green and Blue (yang disingkat menjadi RGB). Monitor berwarna sangat baik jika Anda menyukai tampilan berwarna.
Monitor juga dibedakan berdasarkan tingkat kepadatan resolusinya. Semakin tinggi tingkat resolusinya, maka tampilan
pada layar monitor juga akan semakin baik/jelas. Type dan jenis monitor biasanya bisa Anda lihat pada pembungkus monitor atau dari buku manual yang disediakan pada saat kita membeli komputer, atau dari software yang dapat mendeteksi system konfigurasi komputer seperti Norton Utility atau PC Tools.
Monitor menggunakan LCD
Berdasarkan tingkat kepadatan resolusinya, dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :
Monitor CGA (Colour Graphic Adapter)
Hanya mampu memancarkan 4 warna dengan resolusi 320 X 200 pixel
1.Monitor EGA (Enhanced Graphic Adapter)
Mampu memancarkan 16 warna dengan resolusi 640 X 320 pixel
2.Monitor VGA 3. (Video Graphic Adapter)
Mampu memancarkan hingga jutaan warna sekaligus dengan tingkat resolusi 640 X 480 pixel.
Pada perkembangannya, monitor VGA dikembangkan lagi menjadi SVGA (640 X 800), XGA (800 X 1024), SXGA (1024 X 1200), UXGA (1200 X 1600). Semakin tinggi tingkat resolusi pixelnya, maka detail tampilannya semakin baik (terutama tampilan berupa detail gambar atau grafis).

Tidak ada komentar: